Bagaimana Anda Melihat Sebuah Kegagalan: “Sudah takdir” atau “Saya belum cukup berusaha”?

woman-792818_1920
See the world | sumber: http://www.pixabay.com

 

Bagaimana anda melihat dunia di sekitar anda? Indah atau buruk? Sesuatu yang kekal sejak awal atau baru-baru saja menjadi indah atau buruk? Apakah dunia ini setiap harinya selalu sama atau malah selalu berganti dengan nuansa yang berbeda?

Bagaimana dengan diri anda? Seseorang yang setiap hari, setiap waktu berpapasan dengan lingkungan sekitar anda? Indah atau buruk diri anda? Tidak pernah berubah sejak dulu atau anda mengalami banyak perubahan dari waktu kecil dulu?

guitar-944261_1920
Your passion and you | sumber: http://www.pixabay.com

 

Lalu bagaimana anda menyikapi keberhasilan dan kegagalan anda? “Saya gagal sebagai pelajar karena saya bodoh”, “Saya gagal menjadi seorang musisi yang hebat karena saya memang ditakdirkan bukan menjadi seorang musisi”, “Saya tidak bisa melakukannya, sudah takdir saya untuk tidak bisa melakukan hal sehebat itu” atau “Saya gagal dalam ujian karena saya kurang belajar”, “Saya sepertinya belum maksimal dalam berusaha sehingga saya tidak cukup bagus dalam menggapai impian saya”. Kegagalan dan keberhasilan anda sebagai sesuatu yang anda ‘terima’ atau anda ‘capai’? Dari dua kelompok pernyataan tersebut, mana yang menggambarkan diri anda? Kenapa?

Kata ‘terima’ seolah menggambarkan bahwa anda hanya diberi. Diberi tanpa perlu melakukan suatu apa. Jika anda merasa bagian dari kelompok yang pertama ini, anda adalah orang dengan fixed mindset.  Menurut seorang psikolog Stanford, Carol Dweck, orang dengan fixed mindset mengasumsikan bahwa karakter, kecerdasan, dan kemampuan kreatif merupakan takdir atau sesuatu yang statis dan tidak bisa diubah dengan cara apapun. Sehingga, segala sesuatu itu merupakan bawaan dan tidak dapat diusahakan.

Kata ‘capai/mencapai’ menunjukkan bahwa anda tidak hanya biasa saja, anda melakukan suatu usaha, anda berjuang untuk hal itu. Jika anda merasa bagian dari kelompok ‘pencapai’ daripada ‘penerima’, anda termasuk orang dengan growth mindset. Growth mindset, yaitu orang-orang yang akan berkembang dengan tantangan dan melihat kegagalan bukan sebagai bukti kebodohan tapi sebagai batu loncatan untuk tumbuh dan untuk meningkatkan kemampuan. Bagi orang dengan growth mindset, usaha adalah hal yang paling menentukan dibandingkan ‘takdir kecerdasan’ serta kualitas diri bukan sebuah kodrat mutlak. Apakah orang dengan growth mindset memandang bahwa siapapun bisa menjadi apapun yang diinginkan? misalnya menjadi Beethoven atau Einsten dengan pendidikan dan motivasi yang tepat? Bukan seperti itu, orang dengan growth mindset percaya bahwa potensi manusia yang sesungguhnya tidak diketahui tanpa ada usaha untuk menggali. Menyerah di awal dan mengabaikan tantangan bukanlah wujud konkrit dari mindset ini.

Sudah cukup tahu dua jenis mindset itulah yang mempengaruhi seseorang dalam melihat kegagalan dan kesuksesan hidup. Lalu seperti apakah anda? Coba cek perbedaan si fixed mindset dengan growth mindset di bawah ini jika anda ingin mengetahui lebih jelas:

taschen_informationgraphics10
Two mindsets | sumber: http://www.brainpicking.org

 

Orang-orang dengan fixed mindset akan menyerah terlalu dini dan mencapai hasil di bawah potensinya karena mengabaikan tantangan, mudah menyerah, menganggap bahwa usaha adalah hal yang sia-sia, serta menolak kritikan dari orang lain dan merasa terancam dengan keberhasilan orang lain. Sebaliknya, mereka yang memiliki growth mindset akan mendapat capaian lebih tinggi karena berani menghadapi tantangan dan tidak mudah menyerah dengan kegagalan, melihat usaha sebagai jalan untuk mencapai keberhasilan dan meningkatkan kemampuan diri serta mau belajar dari kritikan serta keberhasilan orang lain.

Sekian artikel dengan tema two mindsets, semoga bermanfaat. Anda tertarik dengan bacaan fixed mindset vs grow dith mindset lebih lanjut? Cek di referensi artikel ini:

Fixed vs. Growth: The Two Basic Mindsets That Shape Our Lives

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: