Untukmu Penyendiri yang Sering Galau, Coba Produktif dengan Hal Ini

danbo-1206478_1920.jpg
Galau | sumber: http://www.pixabay.com

Galau, sebuah kata yang dimaknai sebagai keadaan pikiran yang kacau tidak keruan. Pernahkah anda berada dalam keadaan seperti itu? Coba saya tebak, pasti pernah bukan? Tak apa, saya juga. Tulisan ini tidak akan mengambil referensi ilmiah, saya hanya akan berbagi mengenai pengalaman saya. Semoga anda suka.

Saat sedang menulis artikel ini, jujur saya sedang dalam keadaan galau. Saya sedang menghadapi UTS di semester ke enam kuliah saya. Saya merasa waktu saya terbuang banyak bukan untuk belajar menjelang ujian, saya hanya menghabiskan waktu sendiri di kos dengan laptop dan ponsel. Tidur, makan, mainan ponsel, buka laptop, seperti itulah hampir setiap harinya.

Suatu ketika, saya benar -benar merasa tidak keruan, saya bosan di kosan tapi juga enggan keluar. Saya menikmati kesendirian tapi tidak dengan hal monoton ini. Dari situlah, akhirnya saya mencari-cari ide untuk menenangkan kekalutan hati. Dan munculah ide untuk melakukan hal sederhana tapi menantang. Tak hanya sekadar menantang, saya menjadikan kegiatan tersebut sebagai sarana belajar. Menjadi lebih produktif bukan? Berikut ini ide-ide saya untuk mengatasi kegalauan saya dengan lebih produktif:

home-office-336378_1920
Menulis | sumber: http://www.pixabay.com

Menulis

Kebetulan saya suka berselancar di dunia maya, membaca berbagai macam artikel. Hal tersebut sedikit banyak membuka wawasan dan menambah pengetahuan saya. Sudah cukup produktif bukan? Tapi, lama-kelamaan saya merasa bahwa membaca artikel dengan berbagai tema secara acak hanya memuaskan rasa penasaran dan mengusir bosan saja. Jangankan wawasan, kadang pengetahuan pun tak sempat tertinggal di memori saya. Kadang, juga malah membosankan karena tak cukup menantang untuk saya. Maka dari itu, muncullah sebuah ide: daripada sekadar mencari informasi akan lebih baik kalau saya membagi/ membagikan ulang informasi. So, akhirnya saya menggunakan media blog untuk menulis.

Menulis blog sebenarnya mudah-mudah agak susah. Kegiatan berlaptop ria tersebut menuntut anda untuk menentukan tema, membaca artikel lain untuk referensi, lalu juga memilih ilustrasi dan gaya bahasa. Nah, tapi dari situlah kegiatan ini menjadi menantang, karena bukan hanya konten saja tetapi juga cara penyajiannya harus anda perhatikan. Selain memperlekat informasi di memori, anda lama-kelamaan pasti akan tau bagaimana tulisan yang enak dibaca dan menyenangkan.

Selain menulis melalui blog, anda bisa juga menulis dengan media konvensional, misalnya buku. Anda bebas mau mengekspresikan apa saja dengan media buku. Mulai dari sekadar curhat sampai menulis cerpen, puisi atau berpantun ria dari ide, pengalaman dan perasaan anda. Kegalauan bisa menjadi ide menarik untuk bahan tulisan bukan? write it!

draw-2103019_1920
Menggambar | sumber: http://www.pixabay.com

Menggambar

Hal lain yang saya lakukan untuk menghilangkan kegalauan adalah menggambar. Meskipun kadang saya malah semakin galau saat menggambar, namun biasanya saya benar-benar merasa lega saat satu karya saya tercipta. Untuk melakukan hal ini cukup menggunakan dua sarana alternatif: laptop atau media konvensional, yaitu pensil dan kertas. Anda juga bisa menggunakan sarana lain, misalnya tablet dsb. Saya sendiri lebih sering menggunakan laptop dengan aplikasi CorelDraw untuk mewujudkan ide-ide di kepala saya.

Bukan hanya sekadar hobi dan kegiatan mengusir kesepian, menurut saya dengan menggambar saya bisa menciptakan karya sekreatif mungkin hanya dari hal sederhana, yaitu perasaan saya. Dari sinilah kemampuan menggambar saya semakin hari semakin terasah. Saya juga semakin paham mengenai fungsi-fungsi tools di aplikasi CorelDraw yang sering saya gunakan.

Jika karya anda cukup menarik, dengan mudahnya anda dapat membagikannya melalui media sosial. Hebat bukan, hobi menggambar anda ternyata bisa menjadi sarana bersosialisasi di era modern ini?

sport-1815737_1920
Push up | sumber: http://www.pixabay.com

Home Workout

Kegiatan satu ini benar-benar menantang dan bermanfaat. Apalagi jika anda tipe orang yang enggan keluar rumah atau kos padahal menginginkan badan yang bagus dan sehat. Ya, badan sehat dan tubuh ideal dapat anda dapatkan dengan kegiatan rumahan seperti home workout. 

Selain anda tidak perlu keluar kamar, modal untuk olahraga di rumah juga tidak banyak. Anda hanya perlu mencari ‘tutorial’ home workout di Youtube dan mengikutinya. Saya sendiri mengikuti channel 2NineFit milik seorang body builder bernama Boby Ida. Di channel tersebut, ada banyak tuorial home workout memanfaatkan peralatan di sekitar kita, seperti kursi, botol air, dll. Ada juga berbagai macam latihan yang dapat anda lakukan dalam waktu singkat namun efektif. Daripada anda bengong dan tidak tau mau berbuat apa, coba saja berolahraga.


Sekian tadi beberapa hal yang sudah saya lakukan untuk mengusir kegalauan, kesepian, dan kesia-siaan waktu saya. Dua di antaranya bahkan mampu meningkatkan skill saya dan satu yang terakhir positif sekali untuk kesehatan raga saya. Btw, ketiganya juga mampu menjadi sarana penyegaran pikiran kita dan membuat kita lebih sehat jiwa lho! Anda tidak percaya? Coba saja cari penelitiannya!

Leave a Reply

Powered by WordPress.com.

Up ↑

