Menuju Akhir 21

385H
Disappear | sumber: http://www.gratisoghrapy.com

Postingan ini kubuat untuk catatanku sendiri. Bukan sesuatu yang cukup bermakna mungkin untuk kalian baca. Hanya berisi beberapa harapan dan kekesalanku di usia yang sudah muda ini (anggap saja siklus kehidupan ini: sangat muda – muda – tua – sangat tua). Ada yang membuatku merasa bodoh di usia ini, sebagai mahasiswa (yang awalnya tak berharap menjadi mahasiswa) akhirnya aku dipertemukan lagi dengan apa yang kupertanyakan sekitar tiga tahun yang lalu, “kenapa aku ada di posisi bodoh macam ini?” Sehingga, melalui tulisan ini aku ingin sedikit berbagi cerita hati.

Satu, tekanan masa-masa (mendekati) Skripsi

Bab 1 dan Bab 2 tugas yang besok harus dikumpulkan belum terjamah padahal butuh banyak perbaikan.

Jadi, ceritanya mahasiswa semester enam di fakultasku (aku di semester enam saat ini) diwajibkan mengikuti mata kuliah teknik penulisan skripsi. Dengan harapan mahasiswa melek dengan skripsi jauh lebih dini dari masa-masa memang sudah harus skripsi. Nah, isi dari mata kuliah ini ya tentunya belajar buat skripsi, mulai dari menentukan tema, focus statement, kerangka skripsi, sampai penulisan Bab 1 dan Bab 2 (saat ini baru pertengahan semester, di penghujung nanti mungkin benar-benar harus sudah jadi proposal skripsi hehe).

Cukup panjang ceritanya, tapi ringkasnya seperti ini: saya menentukan tema, saya berusaha membuat focus statement, lalu saya membuat kerangka skripsi, selanjutnya mencoba menulis Bab 1, dan kemudian mencoba menulis Bab 2. Itu yang harusnya kulalui, tapi nggak semudah itu. Ada banyak yang tiba-tiba tidak match, aneh, bahkan ngelantur dari rencana. Bab 1 ke Bab 2 seperti dari Fiji ke India. Jauh banget, nggak nyampe-nyampe! gimana caranya? kok bisa gini? kok jadi nggak jelas sih??? itu cuma sebagian dari keluhan. Yang tidak sempat terkeluhkan misalnya, tidur saat sudah mulai bosan, seperti pasrah di ujung jalan buntu padahal di belakangmu ada sesosok badut seram siap menangkapmu 😦

Sebenarnya masih tak cukup puas dengan hanya menuliskan sedikit seperti itu. Ada banyak hal di kepalaku, salah satunya karena tugas itu. Dan tugas itu berkumpul dengan banyaknya buah-buah masalah di kepalaku. Seakan-akan ke(pala)ranjang itu tak muat lagi menampung buah-buah itu. Tapi, ya sudahlah ya. Harus dilewati, dan daripada hanya berbagi keluh kesah saja, coba di akhir bagian satu ini kutambahkan sedikit kata penyemangat (semoga benar-benar bermakna):

Ini baru awal, kapan kamu berakhir itu bukan sesuatu yang pasti. Yang terbaik adalah mempersiapkan di awal untuk akhir yang lebih baik.

Kedua, masa KKN

Sebenarnya yang ini tak cukup bermasalah, karena terlihat beberapa persiapan sudah ada. Seperti lokasi, dana program terjamin, tim, dll. Tapi, ketika kamu memilih lokasi yang tak cukup dekat dengan rumahmu, biayanya tidak murah. Minimal untuk beli tiket berangkat baliknya. Ya, memang katanya bakal diganti sama pihak universitas. Tapi, itu diganti, yang berarti kamu harus melakukan pembelian terlebih dahulu (dengan uangmu) kemudian uang yang kamu keluarkan ‘berapa’ baru diganti sama universitas ‘berapa’.

Satu hal yang masih membuatku bertanya-tanya: gimana caranya dapat uang buat beli tiket pesawat berangkat dan balik ya? Aku cuma tidak ingin membebani orangtuaku yang setiap hari harus memeras keringat untuk uang sakuku.

Aku cuma tidak ingin membebani orangtuaku yang setiap hari harus memeras keringat untuk uang sakuku.

Ketiga, kerja

Ya, ketika sudah berhadapan dengan dua masalah sebelumnya (skripsi dan KKN), rasanya hanya satu: aku ingin segera bekerja. Namun, ternyata muncul permasalahan lagi: Kerja apa? dimana? jadi apa? Astaga, hidup harus seperti ini ya? Benarkah ‘kerja’ sesusah itu?


Entah aku yang terlalu khawatir dengan kondisiku, atau memang seharusnya seperti itu, tapi perasaan ini benar-benar mengganggu. Membebani setiap hari. Hanya perlu melangkah lagi, agar pintu di depan lebih pasti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: